Brainmatics

1 Day Online Professional Training: Software Testing Foundation Basic

Pengujian perangkat lunak membutuhkan waktu dan biaya yang relative tinggi. Estimasi alokasi biaya untuk tahap pengujian adalah 40% dan 60% untuk pengembangan (Sommerville 2010). Meskipun membutuhkan usaha yang besar, proses pengujian adalah tahap yang penting dan dibutuhkan. Hal ini karena dampak dari kegagalan produk perangkat lunak juga sangat besar. Kerugian yang bisa dialami diantaranya adalah kerugian pada waktu, uang dan reputasi (Hambling 2015).

Ketergantungan yang tinggi ini terletak pada software yang berfungsi dengan benar. Kualitas perangkat lunak telah menjadi faktor yang paling penting dalam menentukan keberhasilan produk atau tugas-tugas. Untuk itu maka diperlukan sebuah tes software yang terstandar agar sebuah software berguna sesuai fungsi dan requirementnya.

Dalam training software testing foundation ini, selain Anda akan mempelajari bagaimana menerapkan standar yang baik menurut ISTQB-ISEB dalam tes software dasar, Anda juga akan dibekali persiapan ujian ISTQB Certified Tester Foundation Level (CTFL). Sertifikasi ini akan menjadi langkah awal bagi Anda untuk menjadi sorang Expert Tester (CTEL).

 

CONTENT

1. Introduction

1.1. Background and History of the Foundation Certificate in Software Testing
1.2. Objectives of the Foundation Certificate Qualification
1.3. Syllabus Content
1.4. Structure of the Syllabus with the Corresponding Learning Objectives

2. Fundamentals of Testing

2.1. Introduction of Testing
2.2. Why is Testing Necessary?
2.3. Seven Testing Principles
2.4. Test Process
2.5. The Psychology of Testing

3. Testing Throughout the Software Development Lifecycle

3.1. Software Development Lifecycle Models
3.2. Test Levels
3.3. Test Types
3.4. Maintenance Testing

4. Static Testing

4.1. Static Testing Basics
4.2. Review Process

 

INSTRUCTOR

pak hendro

Muhammad Faisal Amin. Lahir di Danau Salak, 1 April 1987. Menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah di SD Negeri Jawa 1 Martapura dan SMP Negeri 1 Martapura. Menamatkan SMA di SMA Negeri 1 Martapura pada tahun 2005. Menempuh program S1 dengan jurusan sistem informasi di STMIK Banjarbaru. Setelah lulus pendidikan S1 dengan IPK 3,51 cumlaude pada tahun 2009, bekerja di almamater S1 sebagai asisten dosen dan guru pemrograman visual dan pemrograman web dasar di SMK Negeri 3 Banjarbaru. Pada tahun 2010 melanjutkan pendidikan S2 dengan jurusan teknik informatika, konsentrasi inteligent system di universitas Dian Nuswantoro Semarang. Bidang penelitian yang digeluti adalah machine learning dan computer vision. Lulus pendidikan S2 pada tahun 2012 dengan memperoleh IPK 3,84, cumlaude. Mendapat kesempatan beasiswa melanjutkan kuliah S3 dari Universitas Dian Nuswantoro. Telah tersertifikasi Java SE 7 Programmer I. Saat ini bekerja sebagai dosen tetap di STMIK Banjarbaru.

 

PENDAFTARAN

Klik daftar untuk melakukan pendaftaran.