Brainmatics

Adobe ActionScript 3.0 Programming

ActionScript merupakan bahasa pemrograman yang dikeluarkan oleh Adobe. ActionScript dapat digunakan untuk pembuatan media interaktif dan animasi dalam Flash, ActionScript memungkinkan juga digunakan untuk membuat aplikasi web, tidak hanya untuk Flash tapi juga untuk Flex.

Pada training ini peserta akan belajar menggunakan ActionScrip ke dalam file Flash atau Flex, dimulai dengan belajar menganai navigation, timeline control dan progress melalui pengontrolan animasi; menggunakan Event Listeners dan menulis fungsi event-handling; dan pengontrolan pembuatan serta interaksi dengan data, teks, video, suara dan gambar.

CONTENT

  1. Introduction to ActionScript
  2. Getting started with ActionScript
  3. ActionScript language and syntax
  4. Object-oriented programming in ActionScript
  5. Working with dates and times
  6. Working with strings
  7. Working with arrays
  8. Handling errors
  9. Using regular expressions
  10. Handling events
  11. Working with XML
  12. Display programming
  13. Working with geometry
  14. Using the drawing API
  15. Filtering display objects
  16. Working with movie clips
  17. Working with text
  18. Working with bitmaps
  19. Working with video
  20. Working with sound
  21. Capturing user input
  22. Networking and communication
  23. Client system environment
  24. Printing
  25. Using the external API
  26. Flash Player security

 

INSTRUCTOR

pak hendroHendro Subagyo. Menyelesaikan program S1 (B.Eng) dan S2 (M.Eng) pada jurusan Ilmu Komputer dan Informasi Matematik di The University of Electro-Communications, Tokyo, Jepang pada tahun 1999 dan 2001. Saat ini sedang menyelesaikan program S3 (PhD) pada jurusan dan universitas yang sama. Peneliti di Pusat Dokumentasi Informasi Ilmiah (PDII), Lembaga Ilmu Pengetahuan (LIPI). Memiliki minat pada sistem operasi, pemrograman dan bahasa pemrograman (khususnya Java dan Real-Time Java) dan komputer aritmatika. Cisco Certified Instructor pada Cisco Regional Academy Centre for Scientific Documentation and Information-LIPI.

Slamet Riyanto. Peneliti bidang Sistem Informasi di Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah – LIPI (http://www.pdii.lipi.go.d). Kompetensi: Graphic Designer, Web Developer, Programmer. Aktif menulis di Elexmedia Komputindo dan Datakom Lintas Buana. Instruktur lepas di beberapa instansi pemerintah maupun swasta. Mengerjakan berbagai riset seputar aplikasi sistem informasi yang dapat diunduh melalui website I Know Research Group (http://www.iknow-reseach.org). Menyediakan artikel dan tutorial gratis seputar Desain Grafis, Animasi, CMS, Pemrograman, dll di blog http://slametriyanto.net