Brainmatics

Adobe Animate CC 2017

Website saat ini telah banyak yang mengadopsi HTML5, Javascript, dan CSS3 untuk menampilkan elemen interaktif. HTML5 dapat dimanipulasi dengan JavaScript dan CSS3 untuk menampilkan elemen interaktif dan animasi (Fulton, 2013). Pembuatan elemen interaktif dilakukan secara manual menggunakan kode HTML, Javascript, dan CSS3. Pembuatannya sulit dan memakan banyak waktu. Adobe Animate CC merupakan solusi kendala ini.

Adobe Animate CC dapat digunakan untuk membuat web interaktif dengan standar HTML5, CSS3, dan Javascript. Animasi dapat dibuat dengan graphical user interface tanpa harus melakukan pemrograman. Kode HTML5, Javascript, dan CSS3 dibuat secara otomatis. Selain itu, aset dari aplikasi Adobe yang lain juga dapat digabungkan dengan mudah. Aset gambar dapat diimpor dari Adobe Photoshop atau Adobe Illustrator. Aset suara dapat diimpor dari Adobe Audition. Aset video dapat diimport dari Adobe Premiere. Hal ini karena Adobe Animate CC terintegrasi dengan aplikasi Adobe yang lain dalam paket Creative Cloud (Chun, 2017).

Training Adobe Animate membahas konsep dan teori pembuatan animasi dan elemen interaktif. Pembahasan meliputi metode pembuatan elemen grafik, pembuatan elemen teks, konsep dan pemanfaatan symbols, penganimasian elemen, penambahan elemen video dan suara, dan metode publikasi hasil kerja. Materi disampaikan melalui berbagai contoh studi kasus yang dikerjakan bersama dalam kelas. Dengan mengerjakan studi kasus, peserta dapat langsung mengaplikasikan konsep yang dipaparkan oleh trainer.

 

OBJECTIVES

  1. Mampu mengoperasikan Adobe Animate CC
  2. Memahami membuat elemen grafis pada Adobe Animate CC
  3. Memahami konsep symbol pada Adobe Animate CC
  4. Mampu mengaplikasikan konsep symbol pada Adobe Animate CC
  5. Mampu menganimasikan elemen pada Adobe Animate CC
  6. Mampu mempublikasikan hasil kerja ke media yang diperlukan

 

AUDIENCE

  1. Web developer
  2. Graphic designer

 

PREREQUISITES

Tidak ada training khusus yang dipersyaratkan


CONTENT

1. GETTING ACQUAINTED

1.1 Starting Adobe Animate CC and Opening a File Understanding Document Types
1.2 Getting to Know the Workspace
1.3 Working with the Library Panel
1.4 Understanding the Timeline
1.5 Organizing Layers in a Timeline
1.6 Using the Properties Panel
1.7 Using the Tools Panel
1.8 Undoing Steps in Animate
1.9 Previewing Your Movie
1.10 Modifying the Content and Stage
1.11 Saving Your Movie

2. CREATING GRAPHICS AND TEXT

2.1 Understanding Strokes and Fills
2.2 Creating Shapes
2.3 Making Selections
2.4 Editing Shapes
2.5 Using Gradient and Bitmap Fills
2.6 Using Variable-Width Strokes
2.7 Using Swatches and Tagged Swatches
2.8 Creating Curves
2.9 Using Transparency to Create Depth
2.10 Being Expressive with the Paint Brush
2.11 Creating and Editing Text
2.12 Aligning and Distributing Objects
2.13 Converting and Exporting Art

3. CREATING AND EDITING SYMBOLS

3.1 Importing Adobe Illustrator Files
3.2 About Symbols
3.3 Creating Symbols
3.4 Importing Adobe Photoshop Files
3.5 Editing and Managing Symbols
3.6 Changing the Size and Position of Instances
3.7 Changing the Color Effect of an Instance
3.8 Understanding Display Options
3.9 Applying Filters for Special Effects Positioning in 3D Space

4. ANIMATING SYMBOLS

4.1 About Animation
4.2 Understanding the Project File
4.3 Animating Position
4.4 Changing the Pacing and Timing
4.5 Animating Transparency
4.6 Animating Filters
4.7 Animating Transformations
4.8 Changing the Path of the Motion
4.9 Swapping Tween Targets
4.10 Creating Nested Animations
4.11 Graphic Symbols
4.12 Easing
4.13 Frame-by-Frame Animation
4.14 Animating 3D Motion
4.15 Animating Camera Moves
4.16 Testing Your Movie

5. ADVANCED MOTION TWEENING

5.1 About the Motion Editor
5.2 Understanding the Project File
5.3 Adding Motion Tweens
5.4 Editing Property Curves
5.5 Viewing Options for the Motion Editor
5.6 Copying and Pasting Curves
5.7 Adding Complex Eases

6. ANIMATING SHAPES AND USING MASKS

6.1 Animating Shapes
6.2 Understanding the Project File
6.3 Creating a Shape Tween
6.4 Changing the Pace
6.5 Adding More Shape Tweens
6.6 Creating a Looping Animation
6.7 Using Shape Hints
6.8 Previewing Animations with Onion Skinning
6.9 Animating Color
6. 10 Creating and Using Masks
6.11 Animating the Mask and Masked Layers
6.12 Easing a Shape Tween

7. NATURAL AND CHARACTER ANIMATION

7.1 Natural Motion and Character Animation with Inverse Kinematics Creating a Walk Cycle
7.2 Disabling and Constraining Joints
7.3 Inverse Kinematics with Shapes
7.4 Simulating Physics with Springiness

8. CREATING INTERACTIVE NAVIGATION

8.1 About Interactive Movies
8.2 Creating Buttons
8.3 Understanding ActionScript 3.0
8.4 Preparing the Timeline
8.5 Adding a Stop Action
8.6 Creating Event Handlers for Buttons
8.7 Creating Destination Keyframes
8.8 Creating a Home Button Using Code Snippets
8.9 Code Snippets Options
8.10 Playing Animation at the Destination
8.11 Animated Buttons

9. WORKING WITH SOUND AND VIDEO

9.1 Understanding the Project File
9.2 Using Sounds
9.3 Understanding Video
9.4 Using Adobe Media Encoder CC
9.5 Playback of External Video in Your Project
9.6 Working with Video and Transparency
9.7 Embedding Video

10. WORKING WITH SOUND AND VIDEO—SUPPLEMENT

10.1 Publishing
10.2 Understanding Publishing
10.3 Publishing for Flash Player
10.4 Publishing for HTML5
10.5 Using Classic Tweens
10.6 Exporting to HTML5
10.7 Inserting JavaScript
10.8 Converting to HTML5 Canvas
10.9 Publishing a Desktop Application
10.10 Publishing to Mobile Devices

 

INSTRUCTOR

Muhamad Tomi

Muhamad Tomi. Kelahiran Serang – Banten. Menyelesaikan Pendidikan dasar dan menengah di SD Negeri Pasir Wirana dan SMP Negeri 1 Rangkasbitung. Menamatkan SMK di SMK N 1 Rangkasbitung pada tahun 2013. Menempuh pendidikan S1 (S.Ds.) pada jurusan Desain Komunikasi Visual di Universitas Indraprasta PGRI (Unindra) Jakarta lulus pada tahun 2018 dengan predikat lulusan terbaik angkatan LXIII. Berpengalaman lebih dari 5 tahun pada bidang graphic design dan eLearning development. Menguasai berbagai program aplikasi pengolah grafis seperti Adobe Illustrator, Adobe Flash, Adobe Animate, Adobe Photoshop, Coreldraw dan Adobe Premier dengan pengalaman implementasi di dunia industri. Saat ini aktif sebagai instruktur sekaligus Creative Manager di PT Brainmatics Cipta Informatika serta aktif sebagai konsultan dan pengembang project website dan eLearning baik perusahaan maupun lembaga pemerintahan.

 

Ariyanto Adi Nugroho

Ariyanto Adi Nugroho. Development Manager di PT Brainmatics Cipta Informatika. Aktif sebagai trainer, konsultan, dan project manager. Menangani project eLearning system dan content project di berbagai perusahaan dan lembaga pemerintahan. Berpengalaman sebagai pengembang dan implementor eLearning dengan Moodle dan BrainTutor. Menguasai berbagai aplikasi Adobe Creative Cloud seperti Adobe Animate/Flash, Adobe Photoshop, Adobe Captivate, Adobe After Effect, Adobe Premiere dan Adobe Illustrator.