Brainmatics

Android Fundamentals and Intermediate

Android-FundamentalsPlatform Android saat ini sudah menjadi hal yang perlu diprioritaskan dalam pemilihan paltform suatu perangkat mobile. Android adalah sebuah software open-source yang dikembangkan untuk aplikasi perangkat mobile yang penuh dengan berbagai fitur dan kegunaan.

Pada training ini, peserta akan diajarkan mulai dari pengenalan Android, pengenalan layout tampilan di perangkat android, pembuatan widget pada aplikasi android, pengenalan Android Material Design, pembuatan web view untuk kebutuhan aplikasi android, dan Penggunaan Retrofit dan SQLite Untuk Akses Server Dari Android. Selain itu, Anda juga akan dibekali bagaimana kustomisasi aplikasi untuk handsets yang berbeda, screen size, penerapan maps, dan bahasa-bahasa asing. Terakhir, agar hasil pengembangan aplikasi Android Anda bisa dinikmati oleh orang banyak, anda juga akan dibekali bagaimana cara untuk mempersiapkan publikasi aplikasi Anda ke Android Market.

 

CONTENT

1. Pengenalan Android

    1.1. Apa itu Android
    1.2. Manfaat Android
    1.3. Versi Android
    1.4. Siklus Activity Android
    1.5. Mengorganisir dan Mengakses resource Android Studio
    1.6. Android Manifest

2. Layout pada Android

    2.1. Constraint Layout
    2.2. Linear Layout
    2.3. Relative Layout
    2.4. Table Layout
    2.5. Scroll View

3. Widget pada Android

    3.1. Spinner
    3.2. List View
    3.3. Grid View
    3.4. Message Box
    3.5. Image view
    3.6. Costum Dialog

4. Menu

    4.1. Menu Option
    4.2. Memanipulasi Menu Item
    4.3. Menganani menu item ketika di klik

5. Intent Pada Android

    5.1. Penggunaan Intent pada button, image view, image button, text view
    5.2. Tombol keluar
    5.3. Pengiriman data menggunakan intent
    5.4. Pengambilan data dengan menggunakan intent

6. Multiple Screen

    6.1. Logika Kode Aplikasi
    6.2. Pengaturan Pada Android Manifest
    6.3. Running Aplikasi

7. Galeri Image Dengan View Pager

    7.1. Logika Kode Aplikasi
    7.2. Pengaturan Pada Android Manifest
    7.3. Running Aplikasi

8. Web View

    8.1. Pengenalan web view
    8.2. Aplikasi Web View sederhana dengan menggunakan format html
    8.3. Aplikasi Web View dengan menggunakan link website
    8.4. Logika Kode Aplikasi
    8.5. Pengaturan Pada Android Manifest
    8.6. Running Aplikasi

9. Android Material Design

    9.1. Menggunakan Navigation Drawer
    9.2. Costumisasi Color pada Action Bar Application
    9.3. Membuat Aplikasi dengan mengikuti standard google Application
    9.4. Android Material Design Floating Action Button
    9.5. Android Working with Recycler View
    9.6. Android Material Design Floating Labels for EditText
    9.7. Android Material Design working with Tabs

10. Intro Slider

    10.1. Membuat Aplikasi Android dengan Animasi Slider
    10.2. Menambahkan Gambar Slider untuk intro halaman pembuka aplikasi

11. Penggunaan Retrofit dan SQLite Untuk Akses Server Dari Android
12. REST API

    12.1. Menggunakan REST API dengan JAVA
    12.2. Akses Rest API dari mobile app
    12.3. Security
    13. Notification Manager with Firebase
    13.1. Push Notification
    13.2. Authentification
    13.3. Database
    13.4. Storage

14. Google Maps API v2

    14.1. Penganalan Maps
    14.2. Mendapatkan API Google Maps API V2
    14.3. Panduan download dan menggunakan Google Play Service SDK
    14.4. Menampilkan Maps Menggunakan Android Maps API v2 dan MapFragment
    14.5. Menampilkan Lokasi Pengguna di Peta
    14.6. Menampilkan Marker dan InfoWindow di Peta
    14.7. Mendapatkan GoogleMap Asynchronous Menggunakan getMapAsync() pada Android Maps API v2
    14.8. Menggunakan Map Toolbar pada android maps API v2
    14.9. Menampilkan Area Polygon
    14.10. Menampilkan Rute Tercepat (Driving Direction) Antara Dua Koordinat pada Android Maps v2
    14.11. Menampilkan Peta Menggunakan Web View

15. Google Maps Places API

    15.1. Pengenalan Google Maps Places API
    15.2. Membuat PlacePicker Sederhana

16. Camera and Gallery

    16.1. Capture photo/ image from camera in Android
    16.2. Choose photo/ image from gallery in Android
    16.3. Check location photo

17. Android Speech

    17.1. TexttoSpeech1
    17.2. TexttoSpeech2

18. ADMOB

    18.1. Mendapatkan SDK Google Admob
    18.2. Implementasi dan Integrasi Admob pada Android Studio

19. Publish Aplikasi ke Playstore

    19.1. Mengembangkan untuk berbagai device
    19.2. Publish Aplikasi Ke Playstore
    19.3. Versioning, Update

 

INSTRUCTOR

pak hendroHendro Steven Tampake. Lahir di Jakarta 19 November 1981. Menamatkan S1 Teknik Informatika di UKSW Salatiga pada tahun 2005, dan S2 Jurusan Ilmu Komputer di UGM Yogyakarta pada tahun 2011. Aktif sebagai Software Development Engineer, Instructor Training, dan Programmer dengan berbagai teknologi seperti: PHP/CodeIgniter, MySQL, JSE, JEE, JME, Ajax, PGSQL