Brainmatics

Android Fundamentals

Popularity : author-post-ratingauthor-post-ratingauthor-post-ratingauthor-post-ratingauthor-post-rating

Android-Fundamentals

Android adalah sistem operasi mobile dengan jumlah pengguna terbesar saat ini. Sistem operasi ini digunakan pada berbagai perangkat seperti handphone, tablet, smartwatch, dan internet of things dari berbagai vendor. Portal statistik Statista menunjukkan pangsa pasar Android mencapai 75,16% pada akhir tahun 2018 (Holst, 2019). Google mengumumkan perangkat aktif mencapai 2 milyar lebih pada tahun 2018 (Tetali, 2018). Besarnya jumlah perangkat membuka peluang untuk menyediakan aplikasi pada platform ini.

Pengembangan aplikasi Android memerlukan berbagai kompetensi. Kompetensi meliputi pemahaman konsep dasar Android, pemanfaatan framework Android, penggunaan fitur-fitur sistem operasi Android, konfigurasi aplikasi untuk berbagai piranti, dan pendistribusian menggunakan Google Play Store. Seluruh kompetensi diatas perlu dikuasai dengan baik untuk menjadi developer Android.

Training Android Fundamentals memberikan pemahaman, konsep, dan dasar penerapan Android application development. Materi mencakup dasar-dasar Android application development, kerangka kerja pembuatan aplikasi, penggunaan library, pemanfaatan API yang tersedia melalui Software Development Kit (SDK), hingga metode publikasi ke Google Play Store.

 

OBJECTIVES

1. Memahami konsep Android application development
2. Mampu membuat aplikasi Android menggunakan kerangka kerja pembuatan aplikasi
3. Mampu mempublikasikan aplikasi Android ke Play Store

 

AUDIENCE

  1. Software Developer
  2. Mobile Developer

 

PREREQUISITES

Java Fundamentals

 

CONTENT

1.    Android Fundamentals

1.1 Getting Started with Android
1.2 Mastering the Android Development Tools
1.3 Building Android Applications
1.4 Managing Application Resources
1.5 Configuring the Android Manifest File
1.6 Designing an Application Framework

2.  Building an Application Framework

2.1 Implementing an Animated Splash Screen
2.2 Implementing the Main Menu Screen
2.3 Developing the Help and Scores Screens
2.4 Building Forms to Collect User Input
2.5 Using Dialogs to Collect User Input
2.6 Adding Application Logic

3. Enhancing Your Application with Powerful Android Features

3.1 Working with Images and the Camera
3.2 Adding Network Support
3.3 Adding More Network Support
3.4 Adding Social Features
3.5 Creating a Home Screen App Widget

4.  Adding Polish to Your Android Application

4.1 Internationalizing Your Application
4.2 Developing for Different Devices
4.3 Diving Deeper into Android
4.4 Testing Android Applications

5. Publishing Your Application

5.1 Getting Ready to Publish
5.2 Publishing on the Google Play Store

 

INSTRUCTOR

sidiq-permanaSidiq Permana. Menyelesaikan program S1 Sistem Informasi di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta pada tahun 2006. Saat ini aktif mengembangkan berbagai aplikasi mobile berbasis Android. Instruktur aktif mengisi workshop dan training Android pada berbagai instansi dan perusahaan. Merupakan salah satu Google Developer Expert for Android dan Intel Android Software Innovator di Indonesia.

 

 

sidiq-permanaAgus Haryanto. Lahir di Jakarta 9 Agustus 1979. Menamatkan Kuliah S1 Manajemen Informatika di Universitas Jayakarta pada tahun 2005, dan menamatkan Kuliah S2 di STMIK Eresha pada tahun 2012. Sekarang aktif sebagai pengembang aplikasi Android dan web application. Aktif sebagai pembicara seminar-seminar Android dan Java di Indonesia.

 

 

Hendro StevenHendro Steven Tampake. Lahir di Jakarta 19 November 1981. Menamatkan S1 Teknik Informatika di UKSW Salatiga pada tahun 2005, dan S2 Jurusan Ilmu Komputer di UGM Yogyakarta pada tahun 2011. Aktif sebagai Software Development Engineer, Training Instructor, dan Programmer dengan berbagai teknologi seperti: PHP/CodeIgniter, MySQL, Java SE, Java EE, Java ME, Ajax, dan PGSQL.

 

 

faisal aminMuhammad Faisal Amin. Lahir di Danau Salak, 1 April 1987. Menempuh program S1 dengan jurusan sistem informasi di STMIK Banjarbaru. Menyelesaikan pendidikan S1 dengan IPK 3,51 cum laude pada tahun 2009. Memiliki pengalaman bekerja di almamater S1 sebagai asisten dosen. Pada rentang waktu yang sama juga menjadi guru pemrograman visual dan pemrograman web dasar di SMK Negeri 3 Banjarbaru. Pada tahun 2010 melanjutkan pendidikan S2 dengan jurusan teknik informatika di Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Studi S2 berkonsentrasi pada inteligent system. Bidang penelitian yang digeluti adalah machine learning dan computer vision. Lulus pendidikan S2 pada tahun 2012 dengan memperoleh IPK 3,84, cum laude. Memiliki sertifikat Java SE 7 Programmer I. Saat ini bekerja sebagai dosen tetap di STMIK Banjarbaru.