Brainmatics

Moodle LMS

adobe flash

Seiring dengan perkembangan Teknologi Informasi (TI) yang semakin pesat, kebutuhan akan suatu konsep dan mekanisme belajar mengajar (pendidikan) berbasis TI menjadi tidak terelakkan lagi. Konsep yang kemudian terkenal dengan sebutan e-Learning ini membawa pengaruh terjadinya proses transformasi pendidikan konvensional ke dalam bentuk digital, baik secara isi (contents) dan sistemnya. Saat ini konsep e-Learning sudah banyak diterima oleh masyarakat dunia, terbukti dengan maraknya implementasi e-Learning di lembaga pendidikan (sekolah, training dan universitas) maupun industri (Cisco System, IBM, HP, Oracle, dsb).

John Chambers yang merupakan CEO dari perusahaan Cisco System mengatakan bahwa untuk era ke depan, aplikasi dalam dunia pendidikan akan menjadi “killer application” yang sangat berpengaruh. Departemen perdagangan dan departemen pendidikan Amerika Serikat bahkan bersama-sama mencanangkan Visi 2020 berhubungan dengan konsep pendidikan berbasis Teknologi Informasi (e-Learning) [Vision, 2002]. Bagaimana seharusnya aplikasi e-Learning dikembangkan dengan menyeimbangkan antara kebutuhan pengguna dan keinginan dari pengembang. Penjelasan akan dimulai dari pengertian eLearning, mengapa kita memerlukan e-Learning, sejarah e-Learning, beberapa analisa kegagalan eLearning dan strategi pengembangannya e-Learning.

CONTENT
1. Introduction

    1.1 The Moodle Philosophy
    1.2 The Moodle Experience
    1.3 The Moodle Architecture

2. Installing and Configuring Moodle

    2.1 Installing Moodle
    2.2 Configuration Choices after Installation

3. Creating Categories and Courses

    3.1 Using Course Categories and the User Experience
    3.2 Creating Courses
    3.3 Adding Teachers and Students

4. Adding Static Course Material

    4.1 What Kinds of Static Course Material can be Added?
    4.2 Files
    4.3 Text Page
    4.4 Web Page
    4.5 Link
    4.6 Directory
    4.7 Label

5. Adding Interactive Course Material

    5.1 Assignments
    5.2 Choices
    5.3 Journal
    5.4 Lesson
    5.5 Quizzes
    5.6 SCORM
    5.7 Survey

6. Adding Social Course Material

    6.1 Chat
    6.2 Forum
    6.3 Glossary
    6.4 Wiki
    6.5 Workshop

7. Welcoming Your Students

    7.1 First Impression: Login Page, Front Page, or Your Page?
    7.2 Customizing the Login Page
    7.3 Customizing the Front Page
    7.4 Combining Anonymous, Guest, and Registered Access
    7.5 Look and Feel

8. Features for Teachers

    8.1 Logs: View Activity log
    8.2 Using Scales for Feedback, Rating, and Grading
    8.3 Grades
    8.4 The Teacher Forum

9. Extending and Administering Moodle

    9.1 Add-On Modules
    9.2 Creative Usage of Backup and Restore

 

INSTRUCTOR
Pak MansyurMansyur
, Lahir di Lebak, tanggal 3 Maret 1988. General manager sekaligus sistem analyst  di PT Brainmatics Cipta Infomatika. Menangani project pengembangan software khususnya untuk pendukung pendidikan, seperti eLearning, eLibrary dan sistem knowledge management lainnya. Saat ini aktif menangani project eLearning dan pengembangan konten di perusahaan swasta dan BUMN sebagai analyst dan instructional design.

 

Ariyanto Adi NugrohoAriyanto Adi Nugroho. Development Manager di PT Brainmatics Cipta Informatika. Aktif sebagai trainer, konsultan, dan project manager. Menangani project eLearning system dan content project di berbagai perusahaan dan lembaga pemerintahan. Berpengalaman sebagai pengembang dan implementor eLearning dengan Moodle dan BrainTutor. Menguasai berbagai aplikasi Adobe Creative Cloud seperti Adobe Animate/Flash, Adobe Photoshop, Adobe Captivate, Adobe After Effect, Adobe Premiere dan Adobe Illustrator.