Brainmatics

Business Process Model and Notation (BPMN) Fundamentals – Semarang

adobe flash

Tujuan utama dari BPMN adalah untuk menyediakan suatu notasi yang mudah dipahami oleh semua pengguna bisnis, mulai dari bisnis analis yang membuat draft awal dari proses, para pengembang teknis yang bertanggung jawab untuk menerapkan teknologi yang akan melakukan proses-proses tersebut, hingga kepada orang-orang bisnis yang akan mengelola dan memantau proses mereka.

Dengan demikian, BPMN menciptakan jembatan standar antara desain proses bisnis dan proses implementasi.

Spesifikasi ini merupakan penggabungan dari praktek terbaik dalam komunitas pemodelan bisnis untuk mendefinisikan notasi dan semantik Kolaborasi diagram, diagram Proses, dan diagram Koreografi. Maksud dari BPMN adalah untuk membakukan model bisnis proses dan notasi dalam menghadapi banyak notasi pemodelan dan sudut pandang yang berbeda. Dalam melakukannya, BPMN akan menyediakan cara sederhana mengkomunikasikan informasi proses bisnis pengguna, proses pelaksana, pelanggan, dan pemasok.

Penggunan Business Process  diatur oleh pemerintah melalui peraturan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 12 Tahun 2011, yang isinya, Business Process Modeling Notation (BPMN) digunakan untuk memberikan acuan bagi kementrian atau lembaga pemerintah daerah dalam menyusun Standard Operating Procedures (SOP).

  OBJECTIVES

  1. Mengetahui dan menggunakan elemen dasar notasi BPMN untuk memodel sebuah bisnis proses.
  2. Mengetahui elemen lanjutan yang merupakan Notasi BPMN yang dapat digunakan untuk memodel sebuah bisnis proses yang lebih rumit.
  3. Menggunakan elemen “Loop activities” lebih lanjut dalam situasi bisnis yang melibatkan aktivitas berulang.
  4. Mengetahui lebih lanjut tentang elemen “Gatways” dan bagaimana menggunakannya.
  5. Mengetaui lebih lanjut konsep elemen “Events”, yang sangat membuat beda antara BPMN dan notasi lain.
  6. Membuat model bisnis proses yang benar dan standar sesuai aturan BPMN.

 

TARGET AUDIENCE

  1. IT Project Manager
  2. IT Manager
  3. System Analyst
  4. Business Analyst
  5. Programmer

 

SKILL REQUIREMENTS

None

 

CONTENT

1. Introduction
2. BPMN Basic Concepts
3. BPMN Elements

    3.1 Swimlane
    3.2 Connecting Objects
    3.3 Flow Objects
    3.4 Artifacts

4. BPMN Refactoring
5. BPMN Guide Examples
 

INSTRUCTOR

Romi Satria Wahono. Lahir di Madiun, 2 Oktober 1974. Menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah di SD Negeri Sompok 4 dan SMP Negeri 8 Semarang. Menamatkan SMA di SMA Taruna Nusantara, Magelang pada tahun 1993. Menempuh pendidikan S1 (B.Eng), S2 (M.Eng), dan S3 (Dr.Eng) (on-leave) di bidang Software Engineering di Department of Computer Science di Saitama University, Jepang pada tahun 1999, 2001, dan 2004. Juga menyelesaikan PhD di bidang Software Engineering dan Machine Learning di  Faculty of Information and Computer Technology diUniversiti Teknikal Malaysia Melaka pada tahun 2014. Mantan PNS dan peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Cisco certified instructor lulusan Nanyang Technological University (NTU), Singapore. Bidang minat penelitian adalah Software Engineering dan Machine Learning. Professional member dari asosiasi ilmiah IEEE Computer Society(90598687), ACM (6680333) dan PMI (2822015). Pendiri dan CEO dari PT Brainmatics Cipta Informatika, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan software, training dan certification center.