Brainmatics

Business Process Model and Notation (BPMN)

adobe flash

Dalam menjalankan kegiatan operasional setiap organisasi memiliki proses bisnis. Proses bisnis adalah serangkaian aktivitas yang dilakukan untuk mencapai tujuan organisasi. Proses bisnis memiliki dampak pada efektivitas dan efisiensi organisasi dalam mencapai tujuan. Pengelolaan proses bisnis yang baik mampu meningkatkan kualitas layanan dan pendapatan, mengurangi biaya, meningkatkan kepatuhan  dan pengelolaan risiko yang lebih baik. Proses bisnis adalah salah satu aset organisasi untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Namun semakin berkembangnya organisasi meningkatkan kompleksitas dalam mengelola proses bisnis. Fungsi organisasi yang berkembang meningkatkan jenis dan jumlah proses bisnis organisasi. Perkembangan ini menciptakan kompleksitas serta mempersulit dalam memahami proses yang dilakukan. Kondisi ini pun mengakibatkan sulitnya melakukan pengukuran beban kerja pada setiap proses yang dilakukan. Masalah lain yang muncul adalah proses bisnis yang tidak terdokumentasi. Hal ini melahirkan risiko proses bisnis yang tidak teridentifikasi dan meningkatkan ketergantungan organisasi pada salah satu atau sebagian pegawai saja. Dengan demikian, proses bisnis merupakan hal yang krusial dalam menjaga keberlangsungan operasional organisasi yang dilakukan.

Proses bisnis dapat dikelola dengan melakukan pemodelan menggunakan Business Process Modeling Notation (BPMN). BPMN adalah standar notasi grafis yang mendeskripsikan langkah logis dari proses bisnis. Notasi ini didesain untuk mengurangi kompleksitas. BPMN menyediakan bahasa umum untuk menggambarkan proses bisnis secara konsisten sehingga mudah dipahami. BPMN dapat digunakan untuk mengukur beban kerja dan mengoptimalisasi proses bisnis. Pemodelan proses bisnis dengan BPMN dilakukan secara terstandar sehingga dapat teridentifikasi dan terdokumentasi dengan baik. Organisasi kemudian dapat melakukan sosialisasi proses bisnis kepada pegawai dengan mudah. Dengan demikian organisasi dapat mengurangi ketergantungan terhadap pegawai tertentu.

BPMN diterima sebagai standar pemodelan proses bisnis baik secara internasional maupun nasional. Secara internasional, BPMN diratifikasi melalui ISO 19510. Secara nasional, BPMN dimuat pada peraturan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 12 Tahun 2011. Pada peraturan tersebut BPMN digunakan untuk sebagai acuan menyusun Standard Operating Procedures (SOP) bagi kementerian atau lembaga pemerintah daerah.

 

OBJECTIVES

1. Memahami dasar notasi BPMN
2. Memahami abstraksi BPMN
3. Memahami metode simulasi beban kerja menggunakan BPMN
4. Memahami notasi BPMN tingkat lanjut

 

 

AUDIENCE

1. Pengelola Proses Bisnis
2. Pengembang Organisasi
3. Analis Bisnis
4. Desainer dan Pelaksana Proses
5. Manajer Proyek dan Program
6. Arsitek Bisnis
7. Pemilik Proses
8. Pihak yang terlibat pada transformasi bisnis

 

PREREQUISITES

Tidak ada training khusus yang dipersyaratkan

 

CONTENT

1. BPMN Introduction

1.1 Busniess Process Introduction
1.2 Swimline
1.3 Connecting Object
1.4 Artifact
1.5 Flow Object

2. BPMN Abstraction

2.1 Business Process Discovery
2.2 Business Process Abstraction
2.3 Business Process Framework

3. BPMN Simulation

3.1 Process Validation
3.2 Time Analysis
3.3 Resource Analysis
3.4 Calendar Analysis

4. BPMN Advanced

4.1 Event Advanced
4.2 Activity Advanced
4.3 BPMN Complete Notation

 

INSTRUCTOR

Romi Satria Wahono. Lahir di Madiun, 2 Oktober 1974. Menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah di SD Negeri Sompok 4 dan SMP Negeri 8 Semarang. Menamatkan SMA di SMA Taruna Nusantara, Magelang pada tahun 1993. Menempuh pendidikan S1 (B.Eng), S2 (M.Eng), dan S3 (Dr.Eng) (on-leave) di bidang Software Engineering di Department of Computer Science di Saitama University, Jepang pada tahun 1999, 2001, dan 2004. Juga menyelesaikan PhD di bidang Software Engineering dan Machine Learning di  Faculty of Information and Computer Technology di Universiti Teknikal Malaysia Melaka pada tahun 2014. Mantan PNS dan peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Cisco certified instructor lulusan Nanyang Technological University (NTU), Singapore. Bidang minat penelitian adalah Software Engineering dan Machine Learning. Professional member dari asosiasi ilmiah IEEE Computer Society (90598687), ACM (6680333) dan PMI (2822015). Pendiri dan CEO dari PT Brainmatics Cipta Informatika, dan PT IlmuKomputerCom Braindevs Sistema, perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan software, enterprise architecture, professional training dan certification center.