Brainmatics

iOS Application Development with Swift

Pembuatan aplikasi pada platform iOS tidak hanya dapat menggunakan bahasa pemrograman Objective-C. Swift dirilis Apple sebagai alternatif pada tahun 2014. Swift ternyata sangat cepat diadopsi. Hal ini dibuktikan dengan hasil 2019 Stackoverflow Developer Survey. Swift ditempatkan pada peringkat ke-6 sebagai bahasa pemrograman yang paling disukai. Swift dipandang sebagai suksesor Objective-C dan patut untuk dikuasai oleh iOS Application Developer.

Pembuatan aplikasi iOS dengan Swift memerlukan pemahaman konsep dan praktik yang baik. Konsep dan praktik yang harus dikuasai meliputi Core Data, operasi data, metode migrasi dan versioning, pengelolaan relationship, fetched properties, dan expression, pemanfaatan iCloud API, pemanfaatan koneksi Bluetooh, penggunaan MapKit, penggunaan Social Framework, penggunaan Media Library, pemanfaatan framework AVFoundation, dan penggunaan Interface Builder. Tidak berhenti disitu, developer juga harus dapat menerapkan Unit Testing, Debugging dan Instruments untuk menanggulangi bug.

Training iOS Application Development with Swift membahas serba serbi pembuatan aplikasi iOS menggunakan bahasa pemorgraman Swift. Pembahasan meliputi dasar-dasar Swift, Core Data, peer-to-peer networking menggunakan Multipeer Connectivity, mengelola data dari web, MapKit, in-application e-mail, integrasi Camera Live-Previews, pemindaian barcode, dan face recognition, dan metode penanggulangan bug. Konsep dan praktik dipaparkan menggunakan studi kasus yang sesuai.

 

OBJECTIVES

  1. Mampu menggunakan Swift untuk membuat aplikasi iOS
  2. Mampu memanfaatkan API yang tersedia pada Xcode
  3. Mampu melakukan unit testing dan debugging untuk mengatasi bug pada aplikasi

 

AUDIENCE

  1. Mobile Application Developer
  2. iOS Application Developer

 

SKILL REQUIREMENTS

iOS Application Development.

 

HARDWARE REQUIREMENTS

A. Peserta diwajibkan membawa Macbook dengan spesifikasi minimum:

1. Minimum OS X Yosemite

2. Core i3

3. RAM 4GB

B. Untuk debugger sekaligus testing, peserta diharapkan membawa IPhone.

 

CONTENT

1. Introduction to Core Data

2. Adding, Displaying, and Deleting Data

3. The Devil in the Detail View

4. Migrations and Versioning

5. Custom Managed Objects

6. Relationships, Fetched Properties, and Expressions

7. Behind Every iCloud

8. Peer-to Peer Using Multipeer Conectivity

9. Map Kit

10. Messaging : Mail, Social, and iMessage

11. Media Library Access and Playback

12. Lights, Camera, and Action

13. Interface Builder and Storyboards

14. Unit Testing, Debugging, and Instruments

 

INSTRUCTOR

Asep MulyanaAsep Mulyana. Lulusan Sekolah Tinggi Elektronik dan Informatika ITB jurusan Teknik Komputer Jaringan dengan gelar Sarjana Sains Terapan. Memiliki pengalaman mengerjakan proyek microcontroller networking dan pengembangan perangkat lunak dengan bahasa PHP, MySQL dan Objective-C/C++. Saat ini sedang bekerja sebagai iOS Developer di perusahaan Mobile Application Developer.