Brainmatics

JavaFX Application Development

JavaFX adalah teknologi yang dikembangkan oleh SUN Microsystem, yang kini sudah diakuisisi oleh Oracle. pada awalnya JavaFX merupakan sebuah scripting language, seperti javascript tetapi memiliki fitur yang lebih banyak, yaitu untuk pembuatan User Interface (UI) yang dilengkapi dengan animasi yang menarik. Saat ini, JavaFX telah berfokus pada pengembangan User Interface (UI) yang mempunyai banyak fitur seperti data binding, support styling css dan scene builder untuk pembuatan User Interface.

Pada training ini peserta akan diajarkan bagaimana mengembangkan sebuah aplikasi menggunakan platform JavaFX 8 untuk pembuatan user interfacenya agar terlihat lebih menarik, mudah digunakan, dan user friendly. Dalam training ini, peserta akan berhubungan dengan gambar, animasi, media, dan web. Pada topik selanjutnya, peserta akan mempelajari mengenai FXML, charting, custom control, JavaFX 3D, gesture devices, dan embedded systems.

 

OBJECTIVES

  1. Mampu menginstall JavaFX 8 dan mengkonfigurasi environtmentnya
  2. Mampu mengintegrasikan JavaFX dengan embedded systems seperti Arduino dan Raspberry Pi
  3. Mampu membuat dan mengimplementasikan GUI mendern
  4. Mampu membuat bentuk, warna, teks, dan animasi pada JavaFX
  5. Mampu menambahkan audio dan video pada project yang dikerjakan
  6. Mampu membuat custom control menggunakan SVG dan Canvas
  7. Mampu membuat style user interface via CSS
  8. Mampu membuat komunikasi dua arah menggunakan Java dan Javascript dengan HTML5

 

TARGET AUDIENCE

  1. Programmer
  2. Java Developer

 

SKILL REQUIREMENTS

None

 

CONTENT

I. JavaFX Fundamentals

  1. JavaFX Lines
  2. Drawing Lines
  3. Drawing Shapes
  4. Drawing Complex Shapes
  5. Painting Colors
  6. Drawing Text

II. Lambdas and Properties

  1. Lambda
  2. Lambda Expressions
  3. Functional Interfaces
  4. Default Methods
  5. Properties and Binding
  6. Binding
  7. A Logon Dialog Example

III. Layouts and UI Controls

  1. Layouts
  2. UI Controls
  3. The ObservableList Collection Class
  4. Working with TableViews
  5. Generating a Background Process

IV. Graphics with JavaFX

  1. Working with Images
  2. A Photo Viewer Example
  3. Animation
  4. A News Ticker Example

V. Custom UIs

  1. Theming
  2. JavaFX CSS
  3. Scene Builder
  4.  Custom Controls

VI. Media with JavaFX

  1. Media Events
  2. Playing Audio
  3. An MP3 Player Example
  4. Playing Video
  5. A Video Player Example
  6. Simulating Closed Captioning: Marking a Position in a Video

VII. JavaFX on the Web

  1. WebEngine
  2. Viewing HTML5 Content (WebView)
  3. WebEvents
  4. Weather Widget Example

VIII. JavaFX 3D

  1. Basic 3D Scenes in JavaFX
  2. Primitives
  3. Interacting with Your Scene
  4. Beyond the Basics

IX. JavaFX and Arduino

  1. The Arduino Board
  2. The Arduino IDE
  3. Serial Reading
  4. JavaFX, the Charting API, and Sensor Readings

X. JavaFX on the Raspberry Pi

  1. Preparing the Raspberry Pi for JavaFX
  2. Installing JDK8
  3. Installing and Configuring NetBeans 8 for Raspberry Pi DevelopmentRaspiCycle: The Code
  4. Explanation of the Code
  5. Using NetBeans with the Raspberry Pi

XI. JavaFX and Gestures

  1. Recognizing Gestures in Your Application
  2. The Leap Motion Controller
  3. Creating a Shooting Star
  4. Creating a Water Ripple Effect
  5. More Examples

 

INSTRUCTOR

Romi Satria Wahono. Lahir di Madiun, 2 Oktober 1974. Menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah di SD Negeri Sompok 4 dan SMP Negeri 8 Semarang. Menamatkan SMA di SMA Taruna Nusantara, Magelang pada tahun 1993. Menempuh pendidikan S1 (B.Eng), S2 (M.Eng), dan S3 (Dr.Eng) (on-leave) di bidang Software Engineering di Department of Computer Science di Saitama University, Jepang pada tahun 1999, 2001, dan 2004. Juga menyelesaikan PhD di bidang Software Engineering dan Machine Learning di  Faculty of Information and Computer Technology diUniversiti Teknikal Malaysia Melaka pada tahun 2014. Mantan PNS dan peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Cisco certified instructor lulusan Nanyang Technological University (NTU), Singapore. Bidang minat penelitian adalah Software Engineering dan Machine Learning. Professional member dari asosiasi ilmiah IEEE Computer Society(90598687), ACM (6680333) dan PMI (2822015). Pendiri dan CEO dari PT Brainmatics Cipta Informatika, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan software, training dan certification center.

pak hendroHendro Subagyo. Menyelesaikan program S1 (B.Eng) dan S2 (M.Eng) pada jurusan Ilmu Komputer dan Informasi Matematik di The University of Electro-Communications, Tokyo, Jepang pada tahun 1999 dan 2001. Saat ini sedang menyelesaikan program S3 (PhD) pada jurusan dan universitas yang sama. Peneliti di Pusat Dokumentasi Informasi Ilmiah (PDII), Lembaga Ilmu Pengetahuan (LIPI). Memiliki minat pada sistem operasi, pemrograman dan bahasa pemrograman (khususnya Java dan Real-Time Java) dan komputer aritmatika. Pengembang aplikasi berbasis Java (J2SE dan J2EE) di beberapa perusahaan IT di Jepang dan Indonesia.