Brainmatics

Knowledge Management

Knowledge Management adalah suatu rangkaian kegiatan yang digunakan oleh organisasi/perusahaan untuk mengindenfitikasi, menciptakan, menjelaskan dan mendistribusikan perngetahuan untuk digunakan kembali, diketahui dan dipelajari di dalam organisasi. Kegiatan ini biasanya terkait dengan objektif organisasi dan ditujukan untuk untuk mencapai suatu hasil tertentu. Knowledge Managemet dimana melibatkan 3 faktor utama yaitu people, process dan technology.

Pada prinsipnya setiap organisasi pasti melakukan Knowledge Management baik secara sadar maupun tidak. Masalahnya akan muncul ketika Knowledge Management dikelola dengan tidak terencana, tertata dan terintegrasi secara full dengan strategi bisnis secara umum (seperti HR, IT, RM, TQM, SM, produksi, dst) maka akan timbul inefektifitas dan inefisiensi di semua lini. Pada kondisi ini dihadapkan dengan tingginya persaingan global, sedangkan korporasi yang tidak begitu peduli soal Knowledge Management akan cenderung tertatih dan tertinggal dalam persaingan. Knowledge management bukan merupakan sesuatu yang lebih baik, tapi untuk mengetahui bagaimana mengerjakan sesuatu dengan lebih baik.

Inilah diantaranya alasan mengapa semua organisasi membutuhkan Knowledge Management, untuk satu tujuan utama yaitu meningkatkan Intagible Asset dari perusahaan. Dalam Training Knowledge Management ini peserta mampu memahami perbedaan antara ketiganya (pengetahuan, informasi, dan data). Peserta juga akan mengetahui teknik serta menemukan cara-cara baru untuk menyalurkan data mentah ke bentuk informasi yang bermanfaat, hingga akhirnya menjadi pengetahuan dan menjadikan Knowledge Management dalam organisasi dapat terkelola dengan baik.

 

OBJECTIVES

  1. Memahami tentang manajemen perubahan dan proses tantangan kedepan yang harus diantisipasi dalam mengelola perusahaan
  2. Memberikan wawasan proses pengembangan perusahaan dengan knowledge management
  3. Memahami proses implementasi knowledge management di perusahaan
  4. Mengetahui prinsip-prinsip dan aplikasi Knowledge Management dalam perusahaan

 

AUDIENCE

  1. Pimpinan Perusahaan
  2. Manager Perusahaan
  3. Prefesional IT
  4. Supervisor

 

PREREQUISITES

Tidak ada training khusus yang dipersyaratkan

CONTENT

1. Introduction

1.1. What and Why Knowledge Management
1.2. Knowledge Transformation
1.3. Types of Knowledge
1.4. Knowledge Management Architecture

2. Foundations

2.1. Knowledge Management Infrastructure
2.2. Knowledge Management Mechanism
2.3. Knowledge Management Technologies

3. Solutions

3.1. Knowledge Management Processes
3.2. Knowledge Management Systems

4. Systems

4.1. Knowledge Discovery Systems
4.2. Knowledge Capture Systems
4.3. Knowledge Sharing Systems
4.4. Knowledge Application Systems

5. Assessment

5.1. Organizational Impacts of Knowledge Management
5.2. Type of Knowledge Management Assessment

INSTRUCTOR

Romi Satria Wahono. Lahir di Madiun, 2 Oktober 1974. Menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah di SD Negeri Sompok 4 dan SMP Negeri 8 Semarang. Menamatkan SMA di SMA Taruna Nusantara, Magelang pada tahun 1993. Menempuh pendidikan S1 (B.Eng), S2 (M.Eng), dan S3 (Dr.Eng) (on-leave) di bidang Software Engineering di Department of Computer Science di Saitama University, Jepang pada tahun 1999, 2001, dan 2004. Juga menyelesaikan PhD di bidang Software Engineering dan Machine Learning di  Faculty of Information and Computer Technology di Universiti Teknikal Malaysia Melaka pada tahun 2014. Mantan PNS dan peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Cisco certified instructor lulusan Nanyang Technological University (NTU), Singapore. Bidang minat penelitian adalah Software Engineering dan Machine Learning. Professional member dari asosiasi ilmiah IEEE Computer Society (90598687), ACM (6680333) dan PMI (2822015). Pendiri dan CEO dari PT Brainmatics Cipta Informatika, dan PT IlmuKomputerCom Braindevs Sistema, perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan software, enterprise architecture, professional training dan certification center

pak hendroHendro Subagyo. Menyelesaikan program S1 (B.Eng) dan S2 (M.Eng) pada jurusan Ilmu Komputer dan Informasi Matematik di The University of Electro-Communications, Tokyo, Jepang pada tahun 1999 dan 2001. Saat ini sedang menyelesaikan program S3 (PhD) pada jurusan dan universitas yang sama. Peneliti di Pusat Dokumentasi Informasi Ilmiah (PDII), Lembaga Ilmu Pengetahuan (LIPI). Memiliki minat pada sistem operasi, pemrograman dan bahasa pemrograman (khususnya Java dan Real-Time Java) dan komputer aritmatika. Pengembang aplikasi berbasis Java (J2SE dan J2EE) di beberapa perusahaan IT di Jepang dan Indonesia. Cisco Certified Instructor pada Cisco Regional Academy Centre for Scientific Documentation and Information-LIPI.