Brainmatics

Moodle LMS for Teacher

adobe flash

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, kebutuhan akan suatu konsep dan mekanisme belajar mengajar berbasis TI menjadi tidak terelakkan lagi. Konsep yang kemudian terkenal dengan sebutan eLearning ini membawa pengaruh terjadinya proses transformasi pendidikan konvensional ke dalam bentuk digital, baik secara isi dan sistemnya. Saat ini konsep eLearning sudah banyak diterima oleh masyarakat dunia, terbukti dengan maraknya implementasi eLearning di lembaga pendidikan (sekolah, training dan universitas) maupun industri (Cisco System, IBM, HP, Oracle, dsb).

eLearning dipandang menawarkan berbagai keuntungan. Berbagai institusi dan organisasi menggunakan eLearning karena dapat menghemat biaya. Biaya yang diperlukan lebih rendah dibanding mengadakan kelas offline. eLearning dapat menjangkau peserta yang terkendala untuk hadir di kelas karena jarak, waktu, biaya, dan berbagai faktor lainnya (Epignosis, 2014). Melalui eLearning, peserta juga dapat mempelajari materi menyesuaikan kecepatan daya tangkap masing-masing (Ghirardini, 2011). Pembelajaran dengan eLearning juga dapat meningkatkan pemahaman terhadap materi yang disampaikan dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional (Fletcher, 2010).

Moodle (Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment) merupakan Learning Management System (LMS) open source yang populer. Moodle digunakan 17,7% pengguna pada survey LMS Edutechnica pada Maret 2019. Moodle merupakan LMS open source dengan jumlah pengguna tertinggi pada survei tersebut. Hal ini dikarenakan Moodle memiliki fitur yang lengkap dan dapat bersaing dengan LMS propriertary. Moodle menyediakan fitur manajemen peserta, manajemen course, hingga manajemen nilai peserta. Fitur-fitur ini masih dapat ditambah dengan menginstalasikan berbagai plugin yang tersedia. Moodle juga dilengkapi dengan panduan dan dokumentasi teknis yang lengkap.

Training Moodle LMS ini membahas pengantar eLearning, metode konfigurasi Moodle, penggunaan fitur-fitur yang tersedia untuk melaksanakan pembelajaran, dan pemeliharaan sistem Moodle. Materi akan disampaikan melalui praktik langsung dengan studi kasus yang sesuai. Dengan demikian peserta dapat memahami pengaplikasian penggunaan Moodle pada dunia nyata.

 

OBJECTIVES

  1. Memahami konsep eLearning
  2. Memahami metodologi pengembangan eLearning
  3. Memahami Moodle workspace
  4. Mampu mengelola aktivitas pembelajaran pada Moodle
  5. Mampu menambahkan konten eLearning pada Moodle
  6. Mampu mendapatkan informasi hasil aktivitas pembelajaran pada Moodle
  7. Mampu melakukan pemeliharaan dasar pada sistem LMS berbasis Moodle

 

AUDIENCE

  1. Intructional Designer
  2. eLearning Developer
  3. eLearning Instructor

 

PREREQUISITES

Tidak ada training khusus yang dipersyaratkan

 

CONTENT

1. Pengantar eLearning

1.1. Keuntungan Menggunakan Moodle
1.2. Penggunaan Moodle
1.3. Pengaturan Moodle untuk Course Designer

2. Pembuatan Course Category dan Course

2.1. Pembuatan Category dan Course
2.2. Pendaftaran Teacher dan Student
2.3. Pengelolaan Permintaan Course

3. Resources, Activities, dan Conditional Access

3.1. Pembuatan Resource dan Activities
3.2. Pengaturan Conditional Access
3.3. Pengelolaan Resources dan Activities

4. Menambahkan Resource

4.1. Tipe Resource yang Tersedia
4.2. Penambahan URL
4.3. Penambahan Page
4.4. Penambahan File
4.5. Penambahan Video dan Audio

5. Menambahkan Assignment, Lesson, and Choice

5.1. Penambahan Assignment, Lesson, and Choice
5.2. Pengelolaan Assignment, Lesson, and Choice

6. Menambahkan Quiz

6.1. Penambahan Quiz
6.2. Pengelolaan Question Bank
6.3. Pengaturan Quiz

7. Group dan Cohorts

7.1. Penambahan Group dan Cohorts
7.2. Perbedaan Group dan Cohorts

8. Log dan Report

8.1. Mengakses Log dan Report
8.2. Menyortir Log dan Report

 

INSTRUCTOR

Ariyanto Adi Nugroho

Ariyanto Adi Nugroho. Development Manager di PT Brainmatics Cipta Informatika. Aktif sebagai trainer, konsultan, dan project manager. Menangani project eLearning system dan content project di berbagai perusahaan dan lembaga pemerintahan. Berpengalaman sebagai pengembang dan implementor eLearning dengan Moodle dan BrainTutor. Menguasai berbagai aplikasi Adobe Creative Cloud seperti Adobe Animate/Flash, Adobe Photoshop, Adobe Captivate, Adobe After Effect, Adobe Premiere dan Adobe Illustrator.

 

Muhamad TomiMuhamad Tomi. Kelahiran Serang – Banten. Menyelesaikan Pendidikan dasar dan menengah di SD Negeri Pasir Wirana dan SMP Negeri 1 Rangkasbitung. Menamatkan SMK di SMK N 1 Rangkasbitung pada tahun 2013. Menempuh pendidikan S1 (S.Ds.) pada jurusan Desain Komunikasi Visual di Universitas Indraprasta PGRI (Unindra) Jakarta lulus pada tahun 2018 dengan predikat lulusan terbaik angkatan LXIII. Berpengalaman lebih dari 5 tahun pada bidang graphic design dan eLearning development. Menguasai berbagai program aplikasi pengolah grafis seperti Adobe Illustrator, Adobe Flash, Adobe Animate, Adobe Photoshop, Coreldraw dan Adobe Premier dengan pengalaman implementasi di dunia industri. Saat ini aktif sebagai instruktur sekaligus Creative Manager di PT Brainmatics Cipta Informatika serta aktif sebagai konsultan dan pengembang project website dan eLearning baik perusahaan maupun lembaga pemerintahan.